Pengertian Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik (LENGKAP)

Karya sastra adalah batu yang dibuat oleh seseorang yang menggunakan bahasa yang indah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat karya sastra, karya sastra memiliki dua keunggulan, yaitu unsur intrinsik dan ekstrakurikuler.

Elemen intrinsik

Unsur Intrinsik

Tema dan mandat karya santra.

Kita harus menentukan subjek ketika melakukan pekerjaan sastra. Ini untuk membantu penulis agar tidak keluar jalur dan juga diskusi tidak terlalu eksternal, subjek terdiri dari mayor dan minor, tema utama adalah tema utama yang ditekankan saat melakukan karya sastra, sedangkan tema minor Ini adalah tema substantif yang dapat melengkapi tema utama.

Mandat dalam karya sastra adalah pesan positif yang terkandung dalam karya sastra yang diciptakan. Mandat itu bisa disebut bermakna, karya sastra harus memiliki makna yang terkandung. Makna murni penulis dan makna konten adalah makna yang ada dalam karya sastra.

Tokoh dan penokohan sastra

Karakter-karakter karya sastra adalah tema-tema yang ditampilkan dalam karya sastra, para penulis pada umumnya menciptakan tokoh utama dan juga beberapa tokoh pembanu, tokoh-tokoh karya sastra tersebut dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tokoh datar dan tokoh bulat .

Karakter itu sendiri adalah teknik yang penulis lakukan untuk menunjukkan karakter melalui karakter yang dibuat. Ada beberapa cara

Sebagai contoh, metode analitik adalah karakterisasi langsung penyerang, bentuk dramatis adalah karakterisasi yang dibuat dari evaluasi karakter tentang karya sastra, serta dialog, yang merupakan percakapan antara antropolog dan tokoh-tokoh yang percakapannya dilakukan oleh seseorang. di dalam

Aliran dan distribusi sastra

Plot dalam karya sastra juga bisa disebut plot yang merupakan rangkaian acara yang memiliki gungan karena akibar untuk menghadapi keseluruhan acara.

Diagram alir terdiri dari alur awal, alur alur, alur maksimum, alur alur. Dan plot terakhir adalah puncak dari cerita ini.

Panggung dan teras karya sastra.

Konfigurasi karya sastra disebut konfigurasi sejarah, yang berarti konfigurasi tempat dan waktu. Di latar belakang ada latar belakang material yaitu lukisan yang memiliki lingkungan alami. Juga lingkungan sosial, yang merupakan citra perilaku manusia.

Pusat narasi karya sastra.

Pusat karya sastra adalah kisah yang diceritakan oleh narator, pusat cerita tergantung pada bagaimana cerita disajikan. Namun, secara umum pusat narasi karya sastra memiliki dua pusat narasi, termasuk mendongeng sebagai aktor utama atau mendongeng sebagai orang ketiga atau pengamat cerita.

Elemen ekstrinsik

Elemen ekstrinsik adalah elemen yang berasal dari luar, itu adalah elemen yang membangun karya sastra dari luar.

Elemen ekstrinsik

Creation Fund, adalah dana yang berkaitan dengan tujuan karya sastra yang dibuat

Latar belakang masyarakat terkait dengan masyarakat sekitar dan mereka juga sangat berpengaruh dalam suatu pekerjaan.

Latar belakang penulis adalah kondisi sosial penulis atau pencipta karya.

Unsur psikologis, adalah sesuatu yang berkaitan dengan psikologis para pembuat kaya.

Dan yang terakhir adalah visi kehidupan.

Oleh karena itu, artikel dunia tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *